Senin, 08 Maret 2010

Sushi Course

Iseng banget.. Gara2 Qey lately doyan banget sama sushi yang ada mayo dan telur ikan cakalang dan surprisingly doyan juga sama salmon sashimi, gak ada salahnya deh ikutan kelas sushi. Sapa tau bisa bikin berbagai macam jenis Sushi.

Dapet info dari pak Sahak ada Sushi class di resto Sakura, pesertanya lumayan banyak juga kita ada ber 7, cowonya 1, yang lainnya peureeeeuuu :D.. Kita diperkenalkan kepada Chef masternya yang lahir di bandung tapinya lama di jepun :)

Pertama mengolah nasinya.. Nasi sebaiknya pakai beras import Jepang yang harganya around 30 ribu utk 2,5 kg OR bisa pake beras lokal kok dengan penambahan 10% dari kwantiti nya adalah beras ketan. Setelah nasinya mateng, hal pertama yang dilakukan adalah mencampur nasi panas tersebut dengan cuka khusus, harus cepat sebelum nasi menjadi dingin. Nah itu adalah basic nasi yang akan kita pakai untuk mengolah menjadi sushi



Kedua, Letakan Nori (rumput laut lembaran) di atas alas bambu dan ambil nasi sekitar 100 gram untuk kemudian di tebar di atas nori.






Untuk Fushion Sushi (sushi modern dengan isian matang), nasi terletak di sisi luar, maka hamparan nori di balik sebelum diisi. Mulai dengan meneburkan mayonaise, kani, alpukat dan lainnya sesuai dengan fillingnya.



Setelah komplit isisnya, nasi mulai di gulung pakai alat penggulung. Harus di tekan di sisi depan dan belakang, BUKAN atasnya..



Buka gulungannya, lalu di potong 6 or 8


Terakhir, taburkan telur ikan di nasinya, siap di sajikan..


Looks Yuuuuuummmmm....


Naah, ini cara menggulung sushi traditional slash conventional, aslinya dari Jepun sana sushi memang all about fresh raw fish. jadi kalau yang traditional norinya ada di sisi luar.




Nah, ini total Sushi yang kita buat masing2.. Looks yummy gak ya??

0 Comments:

Post a Comment